The Best Experience, One Day Trip At Madura

Madura merupakan sebuah kota yang terletak di sebelah timur laut, Jawa Timur yang terkenal dengan Karapan Sapi nya. Karapan Sapi menjadi salah satu icon pariwisata Madura yang banyak diburu para wisatawan baik lokal maupun wisatawan mancanegara. Begitu beragamnya objek wisata yang bisa dikunjungi di Pulau Madura. Apalagi dengan adanya Jembatan Suramadu yang menambah daya tarik wisatawan sehingga semakin banyak orang yang ingin datang dan berwisata ke Pulau Madura. Sehingga dapat memudahkan para wisatawan yang ingin bertandang.

Selain Karapan Sapi yang menjadi incaran para pelancong, Madura juga punya beragam tempat wisata yang menarik yang bisa dikunjungi. Untuk kesempatan kali ini Anak Ransel ingin mengajak para pelancong mengunjungi objek wisata murah meriah yang sedang hits di Madura yaitu Bukit Jaddih.

Berlokasi di Kecamatan Socah, Desa Jaddih Kabupaten Bangkalan Madura, Jawa Timur, Bukit Jaddih merupakan tempat penambangan kapur yang saat ini menjadi tempat pariwisata di Madura yang sedang ramai diperbincangkan diberbagai media sosial. Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan panorama bukit kapur yang putih bersih dan indah dengan goa – goa kecil hasil dari sisa penambangan kapur. Namun jangan heran jika pengunjung melihat ada truk dan alat berat yang sering melintas disekitar area bukit jaddih karena truk – truk tersebut sedang mengangkut kapur. Masih di dalam Bukit Jaddih, ada satu goa yang menarik disertai dengan danau kecil yang airnya masih berwarna kehijauan yang bernama Goa Pote.

Tidak jauh dari kawasan Goa Pote tepatnya berseberangan dengan pintu masuk Goa Pote ada sebuah wahana wisata untuk berenang. Sebuah kolam renang yang cukup luas dengan airnya yang bersih dan berwarna biru cerah. Untuk bisa masuk ke Kolam Renang Goa Pote pengunjung harus menambah biaya masuk lagi sebesar 10 ribu rupiah. Dengan biaya yang cukup terjangkau pengunjung sudah bisa merasakan sensasinya berenang ditengah bukit kapur. Namun sangat disayangkan untuk menuju ke tempat wisata Bukit Jaddih ini masih agak sulit karena kurang memadainya petunjuk jalan. Pengunjung harus sering bertanya kepada warga sekitar untuk sampai ke lokasi atau bisa juga menggunakan waze atau google maps.

Puas berkeliling menikmati suasana dan berfoto ria mengabadikan moment di Bukit Jaddih belum lengkap jika jalan – jalan tidak disertai dengan kulineran. Banyak sekali wisata kuliner yang tersohor di Pulau Madura ini. Bahkan di Jakarta pun banyak makanan khas Madura yang sangat terkenal seperti sate madura dan soto madura. Masih di daerah Bangkalan Madura, Anak Ransel menemukan satu restoran atau tempat makan yang terkenal dengan bebek kukusnya yaitu Bebek Songkem Pak Salim.

Tanpa berpikir lama langsung saja memutuskan masuk ke dalam untuk mencoba Bebek Songkem Pak Salim yang terletak di Jalan Raya Ketengan No.85 Burneh, Bangkalan – Madura. Berbeda dengan Bebek Sinjay yang di goreng, Bebek Songkem Pak Salim ini adalah bebek nya tidak digoreng melainkan dikukus menggunakan batang pisang. Setelah makanan habis langsung melanjutkan perjalanan dengan membeli beberapa oleh – oleh khas Madura. Sangat mudah untuk menemukan tempat membeli buah tangan di Madura karena banyak sekali dijumpai toko souvenir di jalanan Madura.