Pesona Candi Borobudur, Wonderful Indonesia

Destinasi wisata di Kota Magelang memiliki daya tarik tersendiri. Terlebih ada objek wisata Candi Borobudur yang sangat menarik minat para turis di kota Magelang. Seakan semua wisatawan berbondong bondong untuk datang berkunjung ke Candi Borobudur. Candi Borobudur memang menjadi wisata wajib yang harus dikunjungi jika berlibur ke kota Magelang, Jawa Tengah. Memang dalam dunia pariwisata, Candi Borobudur menjadi destinasi wisata tunggal di Indonesia yang paling banyak dikunjungi para wisatawan.

Bukan hanya wisatawan lokal saja melainkan banyak wisatawan asing dari berbagai negara yang berkunjung ke Candi Borobudur. Pada dasarnya Candi Borobudur masih digunakan sebagai tempat ziarah umat Buddha. Setiap tahun semua umat beragama Buddha yang datang dari seluruh wilayah Indonesia dan mancanegara berkumpul di Candi Borobudur untuk memperingati hari raya suci Trisuci Waisak.

Setiap bangunan keagamaan pada zaman purbakala yang dalam bahasa Indonesia disebut Candi. Nama borobudur sendiri pada dasarnya tidak jelas asal mulanya. Nama bore-budur yang kemudian ditulis borobudur pertama kali ditulis oleh Sir Thomas Stamford Raffles dalam sebuah buku yang berjudul “Sejarah Pulau Jawa”. Bore (boro) sendiri merupakan nama sebuah desa terdekat dengan candi tersebut. Sedangkan nama Budur nya sendiri berasal dari istilah bhudhara yang memiliki arti gunung. Jadi nama Candi Borobudur bisa diartikan sebagai sebuah tempat atau bangunan keagamaan pada zaman purbakala yang terletak di sebuah desa yang dekat dengan gunung.

Borobudur merupakan sebuah candi atau kuil Buddha terbesar sekaligus sebagai salah satu monumen Buddha terbesar yang ada di dunia. Candi ini berbentuk bujur sangkar dengan tiga pelataran yang melingkar. Dengan di hiasi 2.672 panel relief pada dindingnya serta terdapat juga 504 arca Buddha. Setelah dilakukan pemugaran terbesar yang digelar pada tahun 1975 hingga 1982 atas kerjasama Pemerintah Republik Indonesia bersama UNESCO yang kemudian situs bersejarah ini masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia. Destinasi wisata ini tidak pernah sepi akan pengunjung. Bahkan setiap tahunnya jutaan orang memilih wisata Candi Borobudur yang akan mereka kunjungi. Baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Meskipun Candi Borobudur terletak di kota Magelang tepatnya, namun sepertinya Candi Borobudur juga menjadi tujuan utama bagi wisatawan yang datang ke kota Jogja. Karena Candi Borobudur dapat di jangkau dalam waktu kurang lebih sekitar 1 sampai 2 jam dengan kendaraan pribadi atau sewaan dari pusat kota Jogja. Bahkan Candi Borobudur pun dapat di tempuh dengan kendaran angkutan umum yang disediakan di Jogja.

Bagi kalian yang suka berburu untuk melihat sunrise, kalian bisa ikut paket tour Borobudur Sunrise, jadi kalian bisa masuk ke dalam Candi Borobudur mulai pukul 04.30 pagi. Menikmati sunrise di Candi Borobudur sungguh sangat menarik. Kalian harus mencobanya dan ambil moment terbaik kalian saat menikmati sunrise di Candi Borobudur. Harga tiket masuk ke dalam Candi Borobudur adalah Rp. 50.000, tapi jika kalian ingin mengunjungi Candi Prambanan atau Candi Ratu Boko juga, kalian bisa membeli tiketnya sekaligus. Karena mereka menyediakan tiket terusan atau bundling tiket yang harganya menjadi lebih murah jika kalian membelinya secara bersamaan. Dan tiketnya itu bisa kalian pergunakan sampai 3 hari kedepannya. Jadi jika waktu kalian terlalu mepet dan tidak keburu untuk pergi ke 2 candi sekaligus, kalian masih bisa gunakan tiketnya untuk hari berikutnya. Asalkan kalian harus tetap menyimpan bukti pembayaran tiketnya yang sudah kalian beli. Bagi yang ingin langsung berkeliling ke beberapa candi, ada shuttle khusus yang akan mengantar kalian. Tentunya dengan menambah fee nya lagi yaa :).

Puas berkeliling Candi Borobudur, bisa banget melepas lelah dengan beristirahat di food court atau tempat-tempat makan yang ada di Candi Borobudur. Banyak sekali menu yang ditawarkan disini. Mulai dari makanan khas Jogja, seperti gudeg sampai makanan khas asia seperti mie goreng dan kwetiau goreng. Perut sudah kenyang, waktunya untuk belanja oleh-oleh di pasar Candi Borobudur. Kalian bisa berbelanja berbagai macam pakaian, aksesoris, tas, sepatu, sendal, souvenir sampai cemilan dan berbagai snack pun ada disini. Mulai dari daster batik, tas rotan, tempelan kulkas borobudur, gantungan kunci, sampai bakpia pathok dan snack lanting dijajakan disini.

Candi Borobudur
Alamat : Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Jam Buka : Daily, 06.00am – 17.00pm
Tiket Masuk : Rp. 50.000
Tiket Bundling : Rp. 75.000

Jangan lupa untuk nonton videonya juga yaa 🙂
IG : @mikety08

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *