Makanan Legendaris Khas Surabaya Di Kepanjen

Surabaya menjadi salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia. Bukan hanya memiliki beragam tempat wisata yang menarik namun Kota Surabaya pun dikenal sebagai surga kuliner oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara dari seluruh dunia. Tidak cukup hanya satu hari untuk bisa memcicipi semua kuliner khas Kota Surabaya. Butuh waktu beberapa hari untuk bisa mencoba beberapa makanan khas Surabaya. Banyak sekali terdapat tempat makan yang menyediakan kuliner khas Surabaya, mulai dari bistro, kafe, restoran ternama, warung tendaan pinggir jalan bahkan hanya kedai kecil rumahan atau sekedar gerobakan atau dipikul.

Adapun tempat makan tendaan yang letaknya berada di salah satu tempat wisata di Surabaya tepatnya di depan Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria yang berlokasi di Jalan Kepanjen No.4-6, Krembangan, Kota Surabaya. Para wisatawan lebih mengenal Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria dengan sebutan Gereja Kepanjen. Disana ada banyak sekali kuliner legendaris khas Surabaya yang harus dicoba. Selain rasanya yang enak dan mantap harganya pun sangat terjangkau. Berwisata kuliner di depan Gereja Kepanjen dijamin bakal bikin ketagihan dan ingin kembali lagi untuk mencicipi kuliner lainnya.

  1. Bakso Koya Kepanjen

Semangkok bakso yang sangat berbeda dengan bakso – bakso pada umumnya. Kalau biasanya bubuk koya ditaburi kedalam kuah soto tapi tidak dengan bakso koya yang ada di depan Gereja Kepanjen ini. Komposisi dari bakso nya sendiri sama dengan bakso yang lain, ada siomay, bakso, bakso isi telur, tahu, gorengan lengkap dengan tambahan mie atau soun. Lebih sedap lagi jika ditambah dengan sumsum sapi nya yang mantap. Tidak lupa ditaburi dengan bubuk koya yang gurih sehingga menghasilnya kuah yang kental dan gurih serta sedap karena koya tersebut. Dan ternyata bisa nambah sesuai selera loh bubuk koya nya.

2. Lontong Balap Dan Sate Kerang

Lontong balap merupakan makanan Indonesia yang menjadi ciri khas dari Kota Surabaya, Jawa Timur. Walaupun namanya agak aneh tapi tidak dengan rasanya yang enak untuk dinikmati. Satu porsi lontong balap berisi dengan irisan lontong ditambah dengan irisan tahu dan tidak lupa beberapa remasan lentho kemudian diatasnya ditambah lagi dengan tauge atau kecambah setengah matang dengan taburan bawang goreng untuk menambah aromanya, setelah itu disiram dengan kuah secukupnya dan dilengkapi dengan sambal dan kecap sesuai selera pembeli. Kuliner ini selalu dihidangkan dengan pasangannya yaitu Sate Kerang. Sate Kerang terbuat dari daging kerang yang direbus dan rasanya pun enak dan ada manis – manisnya. Memang sudah menjadi pasangan kuliner yang cocok dengan Lontong Balap.

3. Es Campur Kepanjen

Saat cuaca panas yang paling enak adalah minum yang dingin – dingin dan segar karena bisa untuk melepaskan dahaga dan juga menyegarkan suasana panas terik matahari. Minum Es Campur paling tepat untuk menghilangkan dahaga selain isinya juga menyehatkan karena semangkok es campur penuh dengan buah – buahan. Tidak berada jauh dari tempat makan lontong balap dan bakso koya, Es Campur Kepanjen ini berbeda dengan es campur yang ada di Jakarta. Yang paling membedakannya dari es campur lainnya, es campur kepanjen ini pakai potongan roti tawar. Kalau untuk isian buahnya sih hampir sama dengan es campur pada umumnya. Es Campur Kepanjen juga cocok sebagai teman makan bakso. Bisa melengkapi kenikmatan makan bakso yang panas dan pedas disegarkan dengan semangkok es campur kepanjen.

Kalian juga bisa menonton full videonya yang sudah dirangkum dibawah ini, happy watching 🙂