Keraton Solo Surakarta, Wisata Wajib Di Solo

Waktu liburan natal dan tahun kemarin di Solo, aku itu sudah mencari tempat wisata mana saja yang akan aku kunjungi selama di Solo nanti. Setelah sudah di list semua tempat wisata mana saja, ada satu tempat wisata yang harus banget kita datangi saat ke Solo. Rasanya tidak lengkap ke Solo jika kita belum berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

Yupp!! Keraton Kasunanan Surakarta. Belum ke Solo jika belum ke Keraton Solo Surakarta. Keraton Kasunanan Surakarta atau juga di sebut Keraton Surakarta Hadiningrat atau ada juga yang menyebutnya dengan Keraton Solo Surakarta ini merupakan istana resmi dari Kasunanan Surakarta. Keraton Solo Surakarta ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744. Kompleks bangunan keraton hingga saat ini masih digunakan sebagai tempat tinggal Sri Sunan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kerajaan. Walaupun Kasunanan Surakarta Hadiningrat secara resmi telah menjadi bagian dari negara Indonesia sejak tahun 1945.

Hingga kini Keraton bertambah fungsi menjadi salah satu objek wisata utama di Solo. Sebagian bangunan kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kasunanan. Ada banyak sekali koleksi yang dipamerkan di dalam museum ini. Misalnya seperti senjata – senjata yang pernah digunakan oleh kasunanan, ada juga koleksi lukisan – lukisan, serta kereta kencana kasunanan dan masih banyak yang lainnya.

Tidak hanya itu saja yang bisa kita liat didalam museum ini. Disini ada juga berbagai pemberian dari raja-raja Eropa. Selain itu ada juga replika pusaka keraton, dan beberapa alat musik traditional seperti gamelan. Banyak sekali yang bisa kita nikmati di keraton ini. Jika dilihat dari segi bangunannya, keraton ini merupakan contoh arsitektur istana jawa tradisional yang terbaik.

Setelah selesai berkeliling museum, kita pun bisa membeli beberapa souvenir yang dijual didalam keraton ini untuk dijadikan sebagai cinderamata. Letak keraton ini tidak jauh dari beberapa objek wisata lain yang ada di Solo. Salah satunya adalah Pasar Klewer. Keraton Kasunanan Surakarta letaknya sangat berdekatan dengan Pasar Klewer dan Masjid Agung.

Untuk menuju kesini sangat mudah sekali, kalian bisa menyewa mobil atau sepeda motor. Jika ingin merasakan pengalaman yang berbeda, cobalah untuk naik becak untuk menuju ke keraton ini. Jadi kita pun bisa berbaur menggunakan kendaraan traditionalnya. Jika di Jakarta becak sudah tidak diperbolehkan beroperasi kembali, tetapi di Solo ini becak merupakan kendaraan traditional yang harus kita coba.

Untuk kalian yang ingin belajar tentang sejarahnya Keraton Kasunanan Surakarta secara lengkap, kalian bisa menggunakan guide. Mereka bersedia menemani kalian untuk berkeliling museum sambil menjelaskan tentang sejarahnya. Bahkan mereka juga akan membantu kalian untuk berfoto. Tentunya kalian harus membayar lebih jika ingin menggunakan guide yaa. Dan untuk kalian juga yang membawa kamera untuk foto, kalian juga harus membayar lebih saat masuk.

Keraton Kasunanan Surakarta
Alamat : Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144
Tiket Masuk : Rp. 10.000
Jam Buka : Sabtu – Kamis (09.00 – 14.00)

Jangan lupa untuk nonton videonya juga yaa 🙂
IG : @mikety08