KEINDAHAN TAJ MAHAL DARI SISI LAIN

India..dengar nama negaranya aja mungkin ga ada dalam pikiran buat kesana. Ga pernah terlintas dalam benak gue buat pergi jalan – jalan kesana dan ga pernah ada dalam bucket list negara yang pengen gue datangin. Karena setau gue dan emang yang lebih sering gue denger tentang India itu selalu yang negatifnya. Ya entah kumuhnya, joroknya, baunya, pokoknya semua yang negatifnya deh. Tapi pas gue masuk dalam sebuah grup Backpacker Dunia, dimana orang – orang dalam grup ini emang orang – orang yang suka backpackeran kemana – mana ke semua penjuru dunia dengan ala backpacker. Dan mereka suka berbagi semua informasi tentang negara yang sudah mereka datangi.

Dan akhirnya gue pun tertantang untuk pergi ke India. Setelah masuk dalam bucket list, saatnya cari tiket murah untuk mulai petualangan gue ke India. Karena ini pertama kalinya gue pergi ke India, gue mau mulai ke Golden Triangle nya dulu. Pertama Agra setelah itu Jaipur dan terakhir New Delhi. Selain cari tiket jangan lupa searching info – info tentang India. Karena India saat ini udah free visa, jadi lebih memudahkan juga buat gue yang ga perlu repot buat datang ke kedutaan untuk apply visa India. Dan apply visanya pun gampang banget, ga sampe berhari – hari udah dapat visanya cuma dengan cara online aja.

Tiket sudah visa juga udah dan semua dokumen kaya hotel dan lainnya juga udah lengkap, tibalah gue berangkat. Dari Jakarta gue transit dulu di Kuala Lumpur, setelah itu gue baru lanjut ke Delhi. Tiba di Delhi sekitar jam 10 malam, setelah selesai imigrasi gue langsung lanjut lagi buat ke Agra dengan sewa mobil. Sekitar jam 3 atau 4 pagi, gue sudah tiba di Agra dan gue langsung diantar ke hotel. Selama di Agra gue nginap di Hotel Sidharta. Karena hotelnya tidak 24 jam dan gue pun nyampe nya masih subuh alhasil gue harus menunggu beberapa jam sampai pagi untuk bisa memulai petualangan hari pertama gue di Agra.

Jam sudah menunjukkan jam setengah 6 pagi, titip tas dulu sama hotel karena gue belom bisa check in dan petualangan pun dimulai. Tempat pertama yang gue datangi di Agra adalah Mehtab Bagh. Menurut info yang gue dapet dan kalo gue liat – liat di peta nya mbah google, Mehtab Bagh itu letaknya agak jauh dari tempat gue nginap. Akhirnya gue cari auto (tuktuk atau bajaj nya India) terus tawar – tawaran harga sama abangnya sampe di deal 200 rupe untuk ke Mehtab Bagh. Berhubung gue belom tau itu tempatnya sejauh apa dan di Agra ini transportasinya masih agak susah dan juga waktu pun masih terlalu pagi, masih agak jarang nemuin auto lagi..okelah gue mau. Dan emang sih lumayan jauh juga dari tempat hotel gue nginap ke Mehtab Bagh.

Setelah perjalanan yang cukup panjang, nyampelah gue di Mehtab Bagh. Dan belom buka dong sodara – sodara..akhirnya nunggu lagi..Ga berapa lama, pintu gerbang dibuka..beli tiket terus langsunglah explore tuh Mehtab Bagh. Enak sih masih sepi kalo datengnya pagi gitu. Belom banyak turis – turis yang datang. Datang pagi ke sini itu emang udah niat juga dari awal karena emang mau ngejar liat sunrise dengan view nya Taj Mahal walaupun masih agak berkabut gitu. Kalo menurut gue Mehtab Bagh itu seperti taman yang luas gitu, banyak banget pohon – pohon nya. Rindanglah kalo disini mah. Mungkin mirip sama Monas nya Jakarta kali yaa..hehe.. Tapi okelah buat masuk dalam destinasi liburan kalian kalo ke Agra. Tempat wisata ini bisa banget untuk couple traveller, keluarga, atau bareng teman – teman. Liat view Taj Mahal dari Mehtab Bagh emang beneran keren sihh.

Jika kalian mau beli souvenir tidak jauh dari depan Mehtab Bagh ada tempat kecil gitu yang jual berbagai macam souvenir. Bahkan ada juga yang menawarkan sambil membawa – bawa souvenirnya tersebut.

Mehtab Bagh
Alamat : near Taj Mahal, Dharmapuri, Forest Colony, Nagla Devjit, Agra, Uttar Pradesh 282001, India
Jam Buka : Daily (Sunrise to Sunset)
Tiket Masuk : 300 rupe (for foreigner)

Btw kalian bisa juga nonton video nya di sini yaa..