JELAJAH BENTENG MERAH AGRA FORT INDIA

Selepas dari Baby Taj atau Tomb of I’timad Ud Daulah di Agra gue melanjutkan kembali perjalanan gue ke benteng merah di agra atau yang biasa disebut Agra Fort. Bangunan ini disebut – sebut mirip dengan Red Fort yang ada di Delhi. Walaupun gue belom nyampe ke Delhi tapi setelah dilihat – lihat agra fort ini memang mirip sekali dengan red fort. Jadi bingung mana agra fort mana red fort hehe..berhubung waktu juga belom jam 12 siang, masih belom bisa juga untuk check in hotel jadilah gua lanjut terus ke agra fort. Dan auto (tuktuk) yang tadi mengantar gue pun masih standby menunggu akhirnya gue tawar menawar lagi untuk lanjut ke agra fort. Setelah tawar menawar akhirnya deal di 150 rupee dari baby taj ke agra fort.

Perjalanan pun cukup cepat karena jaraknya tidak terlalu jauh. Dan juga si baya (sebutan abang atau mas di india) jalannya emang agak ngebut gitu jadi cepat deh. Tidak berapa lama sampailah gue di agra fort. Karena memang udah agak siang nyampe nya jadinya sudah agak terlalu ramai turis – turis yang datang ke sana. Tidak hanya turis asing saja yang berdatangan ke sana tetapi banyak juga orang – orang lokal yang berwisata ke agra fort.

Sebelum masuk, cari tempat jual tiket dulu. Sehabis beli tiket, barulah gue masuk ke dalam agra fort. Seperti biasa sebelom kita masuk ke tempat – tempat wisata nya, kita akan diperiksa terlebih dahulu oleh petugas – petugas nya. Dan mereka dibedakan menjadi dua gitu, bagi wanita akan diperiksa oleh petugas wanita dan pria akan diperiksa oleh petugas pria. Di semua tempat wisata nya itu kita dilarang untuk membawa makanan atau minumam dari luar karena mereka takut akan mengotori tempat – tempat wisata nya. Nah karena sudah agak siang, panas juga sudah terik sekali di agra fort nya pun sudah penuh dengan rombongan tour. Jadi agak sulit juga untuk bisa mengambil foto. Saran ku sih lebih baik ke sini agak pagi karena masih belom terlalu ramai dan masih gampang untuk mengambil foto atau video.

Agra Fort itu merupakan salah satu wisata wajib juga di Agra, India. Agra Fort adalah sebuah benteng bersejarah di agra dan merupakan sebuah kediaman utama para kaisar dari Dinasti Mughal sampai tahun 1638. Di dalam nya banyak terdapat bangunan dan taman yang cantik. Design bangunan nya pun sangat apik sekali. Sediakan waktu yang cukup untuk bisa explor semua bagian dari bangunan ini.

Pada saat didalam aku pun berkenalan dengan orang lokal sana. Mereka sangat welcome dan ramah sekali. Kita saling berkenalan menanyakan asal masing – masing dan mengobrol sebentar. Sebelom akhirnya aku memutuskan untuk melanjutkan untuk explor lagi, kita berfoto untuk mengenang satu sama lain. Agra Fort itu cukup besar jadi puas – puasin untuk mengambil foto di setiap bagian bangunan yang kita lewati. Letak agra fort sendiri itu sangat mudah untuk ditemukan. Karena dari jauh pun sudah keliatan dari bentuk bangunannya yang merupakan sebuah benteng merah yang sangat besar. Jika ingin melanjutkan perjalanan berikutnya, kalian tidak perlu kuatir karena didepan pintu masuk Agra Fort nya banyak sekali sopir – sopir auto (tuktuk) yang ngetem (mangkal) untuk menunggu atau mencari penumpang. Dan tidak jauh dari agra fort ada banyak yang berjualan makanan dan minumam.

Agra Fort
Alamat : Agra Fort, Rakabganj, Agra, Uttar Pradesh 282003, India
Jam buka : Daily
Tiket masuk : 650 rupee (for foreigner)

Btw, kalian juga bisa nonton video nya disini yaa 🙂