House Of Sampoerna Wisata Museum Terbaik Di surabaya

House of Sampoerna yang berlokasi di Taman Sampoerna No.6, Surabaya, Jawa Timur yang masih terletak di kawasan Surabaya lama adalah sebuah komplek kediaman dari pendiri kretek Sampoerna, Liem Seeng Tee. Awalnya bangunan megah bergaya kolonial Belanda ini merupakan sebuah panti asuhan yang dikelola oleh Belanda yang kemudian pada tahun 1932 dibeli oleh Liem Seeng Tee, yang digunakan untuk memproduksi rokok Sampoerna. Pada halaman depan gedung dapat kita liat sebuah taman yang indah dan bersih yang dapat menyejukan suasana kota surabaya yang terik. Halamannya yang luas bisa juga digunakan sebagai lahan parkir bagi para pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi mereka. Masih dihalaman museum kita juga bisa melihat beberapa koleksi mobil dari pemilik rumah.

Memasuki gedung utama yang paling besar yang digunakan sebagai museum dan pabrik rokok kita akan langsung disuguhan dengan foto – foto sejarah perusahaan ini pertama kali dirintis hingga sampai sekarang seperti juga yang tertulis dalam situs wikipedia dan juga situs resminya museum House Of Sampoerna yang disajikan dalam bahasa inggris bagi siapa saja yang tertarik untuk menilik sejarah perusahaan ini lebih detail. Sejak tahun 2003 Museum House Of Sampoerna ini secara resmi telah dibuka untuk umum dan yang lebih seru nya lagi kita bisa masuk ke museum ini gratis tanpa harus membeli tiket terlebih dahulu. Museum ini terdiri dari 2 lantai, dilantai pertama selain foto – foto sejarah perusahaan ini kita juga bisa melihat koleksi dari berbagai macam rokok yang diletakan dalam lemari kaca dengan nama – nama rokok yang berbeda, bungkus – bungkus rokoknya, sepeda motor yang dulu pernah digunakan, dan ada pula marching band.

Selain itu berada disebuah sudut ruangan ada replika warung rokok mini yang unik sekali. Bahkan tempat ini merupakan tempat favorit para pengunjung untuk berfoto. Tidak lain kita harus mengantri untuk bergantian foto dengan wisatawan lain.

Berbeda dengan lantai 1, diruangan ini kita bisa melihat dari atas pabrik pembuatan rokok yang masih menggunakan peralatan tradisional. Para wisatawan dapat melihat secara langsung para karyawan Sampoerna yang sedang bekerja melinting rokok dengan cepat dan dalam beberapa waktu saja mereka bisa menghasilkan ratusan puntung rokok. Namun dilantai 2 ini pengunjung dilarang untuk mengambil foto atau video dengan alasan karena menyangkut privasi perusahaan. Selain itu juga kita bisa melihat berbagai jenis cengkeh, peralatan tradisional untuk meracik rokok seperti timbangan dan gelas kaca kecil. Disini juga terdapat mini shop yang berada dekat dengan arah tangga untuk turun.

Setelah puas berkeliling museum House Of Sampoerna kita bisa berpindah ke sisi timur gedung. Diarea ini ada sebuah Galery Seni yang memamerkan lukisan – lukisan hasil karya dari seniman terbaik di Indonesia. Didalam galery ini juga ada menyediakan ruangan untuk anak – anak untuk dapat ikut berkarya dalam membuat suatu gambar atau lukisan yang juga bisa dipamerkan didalam galery ini. Destinasi terakhir adalah Toko Souvenir yang menjual berbagai macam pilihan seperti baju, tas, sepatu, kain batik, dan berbagai souvenir lainnya yang khas Surabaya. Cinderamata ini tidak hanya bagus untuk penggunaan pribadi tetapi kita juga bisa membelinya sebagai buah tangan untuk orang – orang yang kita sayangi.

Jika semua destinasi sudah dijelajahi para wisatawan juga bisa bersantai sejenak sambil melepas lelah dengan mencicipi kuliner yang ada di cafe nya House Of Sampoerna. Dengan design arsitektur yang klasik dan modern cafe ini tidak pernah sepi dengan pengunjung. Karena tempatnya yang nyaman menjadikan para turis betah berlama – lama didalam cafe sembari menikmati hidangan yang tersedia. Di cafe ini menyajikan berbagai menu masakan, seperti makanan barat, makanan asia yang dapat memuaskan lidah kita. Dan satu lagi yang ngga kalah menarik dari House of Sampoerna, kita bisa berkeliling menikmati suasana kota Surabaya serta mengenal dan belajar lebih dekat tentang sejarah kota Surabaya dengan menggunakan bus model trem yang pernah digunakan dahulu di kota Surabaya dengan nama Surabaya Heritage Track.

Bus ini terparkir dihalaman House of Sampoerna jadi para wisatawan bisa naik dan turun kembali disini jika ingin ikut berkeliling kota Surabaya.

video lengkapnya bisa dilihat disini yaa..