Gereja Ayam, Pesona Lain Wisata Magelang

Wisata di Indonesia itu emang tidak pernah ada habisnya. Semua tempat wisata di Indonesia itu banyak sekali yang menarik untuk dikunjungi. Seperti salah satunya tempat wisata ini yang menjadi menarik dan semakin dikenal banyak orang karena kemunculannya yang viral pada film AADC 2. Gereja Ayam atau chicken church menjadi viral karena dipakai sebagai tempat syuting untuk film AADC 2 yang diperankan oleh Dian Sastro dan Nicholas Saputra.

Gereja Ayam merupakan sebuah tempat ibadah sekaligus sebagi tempat wisata yang terletak di Bukit Rhema tepatnya di Magelang, Jawa Tengah. Meskipun namanya adalah Gereja Ayam namun sebenarnya bangunan tersebut berbentuk burung merpati. Bangunan ini pertama kali digagas oleh seorang pengusaha yang bernama Daniel Alamsyah pada tahun 1990an. Gereja Ayam ini letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur. Perjalanan dari Candi Borobudur untuk menuju ke Gereja Ayam hanya memakan waktu sekitar 15 sampai 20 menit saja dengan menggunakan mobil.

Berhubung Gereja Ayam nya terletak seperti di atas bukit, kalian masih harus jalan menanjak lagi untuk bisa sampai disana. Namun jika kalian yang tidak kuat naik ke atas dengan berjalan kaki, kalian bisa menyewa jeep untuk lebih cepat sampai di atas. Buat kalian yang berjalan kaki menanjak ke atas, tips aku agar berhati – hati saat menanjak jalannya, karena tinggi sekali tanjakannya dan juga sering berpapasan dengan mobil jeep yang akan turun ke bawah selepas mengantar pengunjung ke atas. Tempat untuk kalian beli tiket masuk ada di bagian bawah saat kita akan menyewa jeep namun ada juga di deket Gereja Ayam nya saat di atas. Dan tiketnya dapat kita tukarkan dengan singkong yang diberi nama Latela Gombong Cassava. Singkongnya ini merupakan buatan warga sekitar dengan cocolan sambal traditional yang menjadikan singkong ini semakin enak dan mantap.

Di bagian paling bawah Gereja Ayam, ada banyak ruang-ruang doa yang bisa digunakan oleh semua golongan agama. Sebagaimana Gereja Ayam dikenal bukan sebagai gereja melainkan sebagai Rumah Doa bagi segala bangsa. Ruang-ruang khusus tersebut disediakan memang sebagai ruangan doa pribadi yang tenang dan khusuk bagi siapa saja yang ingin berdoa. Lanjut ke bagian atasnya, ada sebuah ruangan yang menyerupai seperti hall atau ruangan besar yang biasa digunakan untuk acara-acara tertentu. Disana kita bisa juga melihat berbagai koleksi lukisan yang dipamerkan. Lukisan yang dipamerkan memiliki tema yang berbeda beda, mulai dari perjalanan hidup, bahaya narkoba bagi generasi muda, sampai dengan nasionalisme terhadap bangsa.

Beristirahat sejenak untuk melepas lelah, di Gereja Ayam juga ada sebuah kafe kecil di lantai selanjutkan. Sambil menukarkan tiket masuk kalian dengan singkong Latela Gombong Cassava dan bisa ditambah dengan beragam menu minuman yang ada di kafenya. Sambil menikmati pemandangan yang indah dari atas Bukit Rhema dengan hembusan angin yang sepoi – sepoi ditemani dengan makan singkong dan minum kopi atau minuman apapun. Lelah kalian pun akan hilang seketika.

Lalu kalian pun bisa melanjutkan lagi explore Gereja Ayamnya untuk ke tempat yang paling favorite dikalangan wisatawan yang berkunjung kesini. Mahkota Gereja Ayam atau mahkota burung merpati merupakan tempat spot foto paling favorite di kalangan wisatawan. Spot foto disini menjadi favorite dikarenakan dari atas sini, kita bisa melihat pemandangan yang cantik sekali dan juga bisa menikmati sunrise. Karena Bukit Rhema ini dikelilingi oleh beberapa pegunungan maka kalian bisa melihat beberapa pegunungan, diantaranya Gunung Merapi, Sumbing, Merbabu, dan juga Suroloyo. Sehingga kita pun dapat menikmati panorama sunrise yang indah dari tempat ini. Jika ingin menikmati private sunrise disini bisa juga lohh. Untuk bisa ke mahkotanya, pengunjung harus bergantian dan antri. Dikarenakan ini juga merupakan bangunan lama dan juga spot di mahkota nya sendiri tidak cukup untuk banyak orang. Selain itu aksesnya pun sangat sempit sehingga harus bergantian dengan pengunjung yang lain.

Disini fasilitasnya pun sudah cukup memadai, ada tempat parkir untuk kalian yang membawa kendaran pribadi. Dan juga ada toilet yang terjaga kebersihannya. Bagi kalian yang suka mengumpulkan berbagai cinderamata dari tempat yang sudah kalian kunjungi, disini juga ada shop kecil yang menjual berbagai souvenir khas Gereja Ayam. Shop ini letaknya tepat bersebelahan dengan kafe tempat kalian menukarkan tiket dengan singkong tadi.

Gereja Ayam
Alamat : Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553
Jam Buka : Daily, 05.30 – 17.00
Tiket Masuk : Rp. 20.000
Sewa Jeep : Rp. 7.000

Jangan lupa nonton videonya juga yaa 🙂
IG : @mikety08