Explore Tomb Of ITimad Ud Daulah – Baby Taj Mahal In Agra

Sebenarnya tujuan utama gue ke India itu cuma satu, yaitu melihat Taj Mahal dongg..siapa sih yang ga kepengen melihat salah satu dari tujuh keajaiban dunia itu, hehe..tapi ternyata pas gue searching – searching ada baby nya Taj Mahal yang adalah versi mini nya Taj Mahal gitu. Sebelum gue mutusin buat ke Taj Mahal nya, gue mau ke versi kecil nya dulu nih. Dikarenakan setelah selesai dari Mehtab Bagh waktunya masih agak pagi jadi gue melanjutkan destinasi gue ke Baby Taj. Berhubung disekitaran Mehtab Bagh itu gue ga liat ada auto (tuktuk atau bajaj nya india) jadi gue lanjut ke Baby Taj nya masih dengan auto yang sama. Dan gue pun tawar – tawaran lagi sama si abangnya sampe deal di harga 150 rupe buat ke Baby Taj dari Mehtab Bagh. Ga berapa lama sampelah gue di Baby Taj.

Baby Taj adalah sebuah makam mughal yang ada di kota Agra, India. Makam ini dibangun antara tahun 1622 dan 1628. Kebanyakan orang India menyebut Baby Taj itu dengan nama Tomb Of I’Timad-Ud-Daulah. Makam I’timad-ud-daulah ini juga sering dianggap sebagai rancangan Taj Mahal. Maka dari itu bisa dibilang sebagai Baby Taj nya Taj Mahal. Bangunan nya yang terbuat dari batu pasir merah dengan dekorasi marmer putih yang elegan menjadikan bangunan ini sangat diminati oleh para turis baik lokal maupun turis mancanegara.

Waktu yang tepat untuk berkunjung kesini kalo bisa adalah pagi hari karena belum terlalu ramai. Pas gue kesini kebetulan banget waktu itu masih agak pagi jadi enak banget untuk explore semua bangunan yang ada di I’timad-ud-daulah. Jadi serasa punya sendiri, karena waktu itu cuma ada gue doang, hehe..Tapi kalian harus tetep hati – hati dengan scam yang ada. Banyak cara mereka untuk scam kita. Dan siapa pun bisa saja, tidak terkecuali dengan petugas nya sendiri.

Oke, pas nyampe jam nya masih agak pagi..beli tiket ke counter terus cek tiket lalu masuklah gue ke dalam. oiya setiap kali sebelum kita masuk ke tempat – tempat wisata nya itu pasti diperiksa tas nya dulu sama petugas nya gitu. Karena kita itu ngga boleh membawa makanan apapun dari luar. Untuk menjaga tempat wisata itu tetap bersih dan terjaga. Nah lanjut, abis tas gue diperiksa – periksa dan clear gue diperbolehkan masuk. Terus mulailah gue jelajahi tuh dari mulai gerbangnya dulu. Abis itu pas gue lagi asik berfoto – foto ria sendiri dengan istri gue, datanglah si bapak – bapak dengan memakai baju petugas yang nyamperin gue sama istri gue dan berbaik hati untuk fotoin kita berdua. Mungkin dia pikir, kasian juga kali yaa mau foto aja harus gantian gitu. Dan kita berdua pun ngga ada kepikiran yang mencurigakan gitu. Jadinya ya udah tuh, kita kasihlah kamera handphone nya ke si petugas tersebut. Dan dia pun banyak sekali fotoin kita berdua di tempat – tempat dengan angle yang kita tidak tahu dengan hasil fotonya yang bagus – bagus gitu. Ya mungkin karena dia emang udah biasa kali yaa.

Tapi lama – kelamaan koq risih juga yaa jadi kaya ga bebas gitu mau explore nya karena kan diikutin terus gitu. Jadilah kita meminta kembali kamera handphone nya. Akan tetapi si petugas itu tetep kekeh mau fotoin kita terus. Walaupun kita udah bilang udah cukup atau apapun itu, dia tetap bertahan buat terus fotoin kita. Dan kita pun tetap bersikeras buat udahin juga buat difotoin walaupun emang bagus – bagus sih hasilnya. Buat dijadiin kenang – kenangan juga kan lumayan ada foto berdua yang bagus gitu hehe..Dengan kekuatan yang penuh pada akhirnya si petugas pun menyerah dan mengembalikan kamera handphone nya, tapii eitsss tunggu dulu..ternyata dibalik kebaikan hatinya tersimpan niat yang lain dong sodara – sodara. Dan bener aja kita kena scam, setelah dia mengembalikan kamera handphone nya dia juga meminta tips dari kita karena dia untuk fotoin kita berdua..Tapi ya sudah lah daripada gimana – gimana akhirnya kita kasih aja tuh 100 rupe ke dia. Dan dia pun langsung pergi gitu aja.

Okelah kalo begitu jadiin pengalaman dan pelajaran saja. Buat next nya kita jadi tau untuk bisa lebih berhati – hati kepada siapa pun. Terus setelah itu kita lanjutin jejalah Baby Taj nya. Jadi didalam nya itu ada makam – makam gitu. Dan untuk beberapa bangunan ada yang mengharuskan kita untuk lepas alas kaki kita sebelum kita masuk ke dalam nya. Menurut gue tempatnya tidak terlalu luas. Yang gue suka dari bangunan ini adalah arsitekturnya yang elegan dan keren sekali. Tidak menghabiskan waktu berjam – jam untuk mengelilingi tempat ini. Disekitarnya pun tampak sangat bagus karena ada juga berupa taman – taman di sekitar bangunan ini.

Untuk di Baby Taj ini gue tidak menemukan tempat untuk membeli souvenir. Tempat makan pun tidak ada. Namun untuk ke Tomb of I’timad-ud-daulah ini sangat mudah karena letaknya yang berada di pinggir jalan besar.

Tomb Of I’Timad-Ud-Daulah
Alamat : Moti Bagh, Agra, Uttar Pradesh 282006, India
Jam buka : Daily, 08.00 – 00.00
Tiket masuk : 310 rupe (for foreigner)

Btw kalian juga bisa nonton video nya disini yaa