Bukit jaddih, Wisata Terbaru yang Instagramable di Madura

Berwisata ke Surabaya jangan pernah lupa untuk menyempatkan berkunjung ke kota madura yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kota Surabaya. Ditambah dengan adanya jembatan suramadu untuk memudahkan para wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing bagi yang ingin jalan – jalan ke kota Madura. Jika dahulu bagi masyarakat yang ingin pergi ke Selat Madura harus naik kapal dari pelabuhan tanjung perak namun sekarang dengan dibangunnya jembatan suramadu ini masyarakat jadi lebih mudah untuk bepergian ke Pulau Madura. Sehingga semakin banyak para wisatawan yang menambah list destinasi dalam liburan mereka.

Bisa melancong ke Madura memang sangat menyenangkan terlebih ini adalah pengalamanku pertama kali ke Madura. Selain mengincar wisata kulinernya yang sudah populer juga di Jakarta karena terkenal dengan rasanya yang enak – enak dan lezat, Madura juga punya tempat pariwisata yang sedang booming di berbagai sosial media. Objek pariwisata ini adalah Bukit Jaddih.

Bukit Jaddih merupakan sebuah tempat penambangan kapur yang terletak di Kecamatan Socah, Desa Jaddih Kabupaten Bangkalan Madura, Jawa Timur. Tidak heran jika setiap harinya banyak truk dan alat berat yang sering melintas untuk mengangkut kapur. Lokasi Bukit Jaddih dapat ditempuh dengan jarak 27 kilometer dengan waktu paling lama antara 1 jam sampai 1,5 jam. Akses jalan untuk menuju ke Bukit Jaddih masih agak sulit dan membingungkan karena kurangnya petunjuk jalan. Hal ini dibenarkan oleh Lukas, seorang wisatawan asal Surabaya yang ditemui saat bersamaan di Bukit Jaddih. Harus mengandalkan google maps dan waze atau dengan bertanya kepada warga sekitar untuk bisa sampai ke lokasi Bukit Jaddih.

Selain menikmati pemandangan panorama bukit yang indah di Bukit Jaddih juga terdapat sebuah Goa hasil dari sisa – sisa penambangan kapur yang bernama Goa Pote.

Ada danau kecil yang menarik dengan air yang berwarna hijau di dekat Goa Pote. Para pengunjung dapat menuju ke seberang danau dengan menggunakan perahu rakit yang diubah menjadi perahu yang sangat cantik. Untuk masuk ke Goa Pote pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar 5 ribu rupiah. Disekitar area Goa Pote ada juga kios – kios yang menjual makanan dan minuman serta toko souvenir yang menjual berbagai buah tangan khas Madura seperti baju, boneka, gantungan kunci dan beberapa snack untuk cemilan.

Namun bukan hanya itu saja yang bisa dinikmati para pengunjung di Bukit Jaddih bahkan pengunjung juga bisa berenang di kolam renang yang letaknya tidak jauh dari area Goa Pote. Dengan menambah biaya tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah pengunjung sudah bisa merasakan sensasi berenang di tengah bukit. Kolam Renang Goa Pote ini tentunya menambah wisata baru di Bukit Jaddih.

Mengingat lokasi Bukit Jaddih sebagai area penambangan kapur yang pastinya sangat panas dan terik sekali akan lebih baik jika pada saat berkunjung disarankan membawa sesuatu yang dapat melindungi pengunjung seperti topi atau payung.

video lengkapnya bisa dilihat disini yaa..