Bikin Ngiler, Cobain Kuliner Khas India

Sambil menunggu untuk bisa check in di hotel kita memutuskan untuk jalan-jalan seputar agra. Kita explore agra terlebih dahulu. Kita mulai explore dari Mehtab Bagh dulu. Karena letaknya yang paling jauh dari tempat hotel kita menginap jadi aku pilih ke Mehtab Bagh dahulu. Karena di Mehtab Bagh ini hanya untuk menikmati sunrise saja jadi aku tidak terlalu lama disini dan langsung melanjutkan kembali perjalanan ku ke tempat wisata yang seru lainnya.

Sebenernya banyak sekali tempat – tempat wisata yang bisa kita datangi di Agra ini selain Taj Mahal. Hampir setengah hari sudah aku keliling menjelajahi kota agra di india. Karena sepertinya sudah waktunya bisa check in, akhirnya aku mutusin buat balik ke hotel tempat ku menginap untuk check in dahulu. Tetapi karena hari juga udah siang, perut juga udah mulai keroncongan alias laper. Karena penerbangan ku kemarin dari jakarta sampe delhi nya malam jadilah aku tuh belom sempet untuk makan malam. Dan dari delhi pun aku langsung melanjutkan perjalananku lagi buat ke agra. Untungnya pas nyampe bandara delhi, aku sempet beli domino’s pizza, sekalian nyobain sih. Karena menurut rekomended temanku yang sudah pernah ke india, katanya tuh harus banget nyobain domino’s pizza nya india. Karena rasanya beda sekali dengan domino’s pizza yang ada di jakarta.

Walaupun udah makan domino’s pizza tapi tetep aja kalo laper mah tetep aja laper..haha. Okelah, dalam perjalanan untuk menuju ke hotel tempatku menginap ternyata sepanjang jalannya itu, tepatnya sebelah – sebelah hotelnya itu banyak sekali tempat – tempat makan dan juga kios – kios yang menjual berbagai souvenir khas india. Karena aku nyampe nya kesini tadi masih pagi banget, jadi pas aku datang itu toko – toko nya belum pada buka gitu. Jadi mereka bukanya itu yaa siang hari dan tutupnya hanya sampe 9 malam. Bahkan jam 7 atau 8 malam saja udah banyak yang lagi beberes untuk tutup tokonya.

Akhirnya aku mencoba salah satu restoran yang ada disana. Aku tertarik sama salah satu menunya. Karena sudah sering liat makanan ini di film – film india jadinya penasaran gitu dan pengen cobain deh. Aku agak lupa nama tempat makan nya apa tapi dia letaknya tidak jauh dari depan jalan. Di situ aku mencoba Plane Thali namanya.

Dari bentuk penyajiannya aja udah unik gitu, di sajikan pake piring aluminium yang ada sekat – sekatnya. Jadi nasi, sayur , dan lauknya tidak tercampur gitu. Seporsi plain thali dengan harga 80 rupee, aku dapat nasi, terus ada roti parata gitu, sama 3 macam kuah. Ada kuah yang warna putih, rasanya kaya agak asem – asem gitu. Terus ada kuah yang warnanya kuning , dia kaya semacam kari tapi isiannya itu kayak kacang gitu sama satu lagi kuah kuning yang bersantan terus ada timun juga. Overall rasanya sih aku suka, awal makan sih rasanya agak aneh tapi abis itu bikin kangen pengen makan lagi..haha. Dari semuanya yang paling ku suka itu roti nya sama kuah kuningnya. paling enak makan roti nya itu dicocol pake kuning kuningnya itu.

Selain menu plain thali, disini ada juga menu – menu lainnya yang tidak kalah enaknya. Tips aku sih kalo kalian makan di tempat, bawa minum sendiri yaa..kayanya lebih enak gitu langsung dari botol minum kalian. Selamat mencoba makanan india :).

Btw, aku punya videonya juga lohh