10 tempat wisata di surabaya yang wajib di kunjungi

Akhirnya kesampean juga untuk bisa menjelajahi kota Surabaya. Ini merupakan pengalaman pertama kita ke Surabaya. Surabaya memang dikenal sebagai kota pahlawan karena perjuangannya pada saat melawan penjajahan Belanda. Surabaya menjadi salah satu pilihan destinasi untuk menikmati liburan akhir tahun kita. Bukan cuma wisata sejarahnya saja yang beragam dan menarik tetapi juga wisata alam dan kulinernya. Surabaya memiliki banyak tempat – tempat wisata dan spot – spot seru yang wajib kita kunjungi.

TUGU PAHLAWAN SURABAYA

Tugu Pahlawan Surabaya yang menjadi landmark Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan yang berada di Jalan Pahlawan, menjadi pilihan tempat wisata pertama yang kita kunjungi. Karena letaknya yang strategis berada di pusat kota dan dekat juga dengan hotel tempat kita menginap sehingga sangat mudah untuk dijangkau. Bentuknya yang tinggi seperti paku terbalik yang berada ditengah taman menjadikan tugu ini sangat menarik untuk dijadikan spot berfoto. Kita juga bisa duduk beristirahat sejenak di taman nya sambil menikmati suasana kota Surabaya. Untuk masuk ke Tugu Pahlawan ini kita tidak akan dipungut biaya.

MUSEUM 10 NOVEMBER SURABAYA

Tidak jauh dari Tugu terletak juga Museum 10 November Surabaya, posisinya tepat berada dibawah Tugu Pahlawan. Museum ini sangat unik bentuknya yang seperti pyramid dengan patung tiga pemuda yang masing – masing memegang senjata bambu runcing untuk mengusir penjajah – penjajah. Didalam museum ini banyak sekali menyimpan berbagai benda – benda peninggalan bersejarah seperti senjata, peralatan komunikasi para pejuang, dokumen – dokumen bersejarah dan masih banyak yang lainnya. Kita harus membeli tiket masuk sebesar 5 ribu per orang untuk masuk ke dalam museum ini.

SURABAYA NORTH QUAY

Awalnya tempat ini hanya sebagai terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak, namun kemudian dirubah dan didesign oleh pemerintah Surabaya menjadi satu kawasan tempat rekreasi yang sangat apik. Buat menuju ke tempat wisata ini kita harus naik lift sampai lantai 2 lalu dilanjutkan dengan naik eskalator ke lantai 3. Setiap orang dikenakan biaya masuk sebesar 10 ribu per orang dan tiketnya itu juga sebagai voucher yang bisa ditukarkan dengan makanan atau minuman.

KENPARK

Beralih ke tempat wisata bagian timur Surabaya yaitu Kenjeran Park atau biasanya disebut juga Kenpark. Ada banyak sekali atraksi yang bisa kita nikmati di dalam kenpark ini, salah satunya adalah wisata air Atlantis Land. Lanjut ke destinasi selanjutkan masih didalam Kenpark juga kita bisa jalan – jalan ke Pantai Ria Kenjeran atau dalam bahasa jawanya Kya Kya ke Pantai Ria Kenjeran. Selain itu kita juga bisa menikmati keindahan Patung Dewi Kwan Im setinggi 20 meter yang disertai dengan patung dua naga yang terletak ditepi laut yang berada dibelakang Sanggar Agung. Tidak puas dengan itu saja masih ada juga bangunan replika Temple of Heaven yang ada di Beijing, China. Dan juga patung Budha Empat Muka yang ada di Bangkok, Thailand.

HOUSE Of SAMPOERNA

House of Sampoerna merupakan sebuah museum rokok yang berada di Jalan Sampoerna No. 6, Surabaya, Jawa Timur. Disini kita bisa mengenal lebih dekat tentang sejarah bagaimana perusahaan ini pertama kali didirikan dan juga bisa belajar bagaimana cara pembuatan kretek sampoerna. Ada banyak koleksi – koleksi yang dipamerkan di House of Sampoerna seperti replika warung rokok, mesin pembuatan kretek, ada pula marching band dan masih banyak lagi. Buat yang lelah setelah keliling museum bisa istirahat sejenak di cafe House of Sampoerna dan jangan kuatir buat yang mau belanja oleh – oleh terdapat juga toko souvenir. Dan satu lagi di halaman House of Sampoerna juga menyediakan bus untuk para wisatawan bisa berkeliling di Kota Surabaya yang dikemas dalam Surabaya Heritage Track.

MONUMEN KAPAL SELAM (MONKASEL)

Ngga pernah kebayang bisa melihat sebuah kapal selam yang mendarat di daratan, ya cuma di Surabaya ini kita bisa melihat dan bahkan masuk ke dalam sebuah kapal selam. Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar 15 ribu per orang kita sudah bisa melihat seluruh isi yang ada di dalam kapal selam. Seneng banget bisa masuk ke dalam ke kapal selam dan bisa melihat keseluruhan isinya. Ada ruang mesin, tempat tidur susun yang diperuntukan buat para kru, ada juga ruang komando yang hanya berukuran kecil. Letaknya yang strategis berada di Jalan Pemuda dekat dengan pusat kota Surabaya yang sangat mudah ditemukan para pelancong yang ingin berkunjung ke Monumen Kapal Selam.

TAMAN SKATE DAN BMX SURABAYA

Jangan beranjak terlalu jauh dari Monumen Kapal Selam karena masih ada Taman Skate dan MBX Surabaya yang bisa kita kunjungi. Berada tepat disebelahnya, area public ini sangat ramai dikunjungi. Yang punya skateboard jangan lupa dibawa ya pas berlibur ke Surabaya, puas banget nih bisa main disini. Sepedaan saat sore hari juga asik atau sekedar bersantai sambil duduk – duduk menikmati suasana sore hari di kota Surabaya dengan pemandangan sungai yang dihiasi dengan lampu – lampu yang sangat apik dalam berbagai bentuk. Ada bentuk ikan, bentuk payung, cantik bangetlah pokoknya. Tidak lupa juga di Taman Skate dan MBX ini terdapat patung Sura dan Baya yang menjadi lambang kota Surabaya jadi tidak perlu jauh – jauh pergi ke Kebun Binatang Surabaya.

GEREJA KATOLIK KELAHIRAN SANTA PERAWAN MARIA

Tidak jauh dari rumah masa kecil orangtuaku terletak gereja yang menjadi salah satu gereja tua di Kota Surabaya. Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria namanya yang berlokasi di Jalan Kepanjen No.4-6 Krembangan, Surabaya, Jawa Timur. Sesuai dengan nama jalannya biasa juga disebut dengan nama Gereja Kepanjen. Dibangun dengan arsitektur bergaya eropa menjadikan Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria bukan hanya untuk tempat beribadah tetapi juga dijadikan sebagai tempat wisata yang menarik oleh para pelancong. Gereja ini juga bersebelahan dengan Gedung Sekolah SMA Katolik Frateran Surabaya.

JEMBATAN SURAMADU

Kalau bingung saat sore mau kemana lagi di Surabaya, bergegas saja ke wisata yang satu ini. Jembatan Suramadu terlihat lebih indah saat sore menjelang malam hari karena tiang penyangga jembatan tersebut akan menyala dengan lampu yang berwarna warni. Jembatan ini awalnya adalah sebuah jalan tol berbayar yang menghubungkan antara surabaya dan madura namun saat ini menjadi jalan non tol yang dapat dilalui secara gratis. Selain kendaraan roda empat jalan ini juga menyediakan jalur bagi pengguna kendaraan roda dua.

TAMAN BUNGKUL

Taman bungkul merupakan sebuah tempat wisata yang berlokasi di Jalan Darmo, kota Surabaya. Didalam taman ini ada banyak sarana yang dapat digunakan, seperti taman bermain anak – anak, jogging track, yang kerennya lagi ditaman ini ada area taman hijaunya dengan kolam air mancur dan semakin lengkap dengan fasilitas wi-fi gratis.